Jumat, 14 September 2012

HERMENEUTIKA DALAM AGAMA


Filsafat adalah suatu hasil olah pikir manusia dengan menggunkan suatu metode. Metode dalam berfilsafat ini adalah hermeneutika yaitu menterjemahkan dan diterjemahkan. Tanpa kita sadari proses “menterjemahkan dan diterjemahkan” sudah kita lakukan semenjak kita berada dalam kandungan ibunda sampai selesai batas kontrak hidup kita di dunia. Proses hermeneutika itu juga selalu kita asah dari waktu ke waktu. Apalagi kita bertemu dengan sesuatu yang baru bagi kita maka kita akan mengaktifkan pembelajaran “menterjemahkan dan diterjemahkan”.
Orang yang sudah mengenal filsafat maka dia akan mengetahui memang proses hidup ini tidak terlepas dari proses “menterjemahkan dan diterjemahkan”, sehingga mereka selalu memberikan ruang dan waktu untuk memproses maksud dari peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Tapi tidak semua orang faham bahwa perlu proses “menterjemahkan dan diterjemahkan”, sehingga yang sering terjadi langsung penilaian negatif terhadap sesuatu tersebut.
Pemberian ruang dan waktu dalam proses “menterjemahkan dan diterjemahkan” ini bertujuan agar rangkaian penterjemahan kita tidak membuat kita semakin “tidak bisa” memposisikan sebagai seorang hamba Allah, namun sebaliknya harapannya adalah untuk semakin mengokohkan iman dan taqwa kita kepada Allah dan semakin bisa memaknai hidup lebih baik dan bijaksana lagi. Oleh karena itu diperlukan adanya iman dan taqwa yang kuat agar tidak semakin menjauhkan kita sebagai seorang hamba Allah beriman, dan agar tidak salah dalam pentejemahan setiap olah pikir seseorang.

Hermeneutika adalah proses yang tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. 
1.    Bagaimana sikap kita ketika ada seseorang melakukan hermeneutika terhadap kitab suci (Al Quran) yang hanya berdasar pada pemikiran pribadinya? padahal jika terjadi salah penafsiran akan berakibat fatal?
2.     Bagimana cara mengasah kemampuan hermeneutika agar semakin bijak dalam melakukan penterjemahan setiap peristiwa di sekitar kita?   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar